Refleksi Minggu Pertama ALPRO

Alpro? Apa itu alpro? alpro singkatan dari algoritma pemrograman yang merupakan mata kuliah yang katanya “mengerikan”. Tapi, apa benar mengerikan? aku juga belom tau, masih pertemuan pertama, semoga seseram apapun nggak membuat semangat down yah😀
Sebelum memasuki semester dua, sudah banyak isu, gosip, atau mungkin malah fakta yang menyebutkan alpro itu susah, dosennya galak, nggak enak (emang makanan? *eh ) dan sebagainya. Sumber yang menyatakan itu adalah kakak tingkat sendiri. Pasti para adek tingkat ini (aku dan teman-teman) udah takut, senewen, setres sebelum menghadapinya. Apalagi kelas C yang kebetulan kelasku dapat giliran pada setiap hari Rabu jam 7, sudah tidak perlu diragukan status di jejaring sosial membahas tentang hal ini, entah yang semangat (semangat beneran nggak tuh? ) , down, atau malah setengah2.
Tiba di hari Rabu 29 Februari 2012 pukul 07.00 , baru sebagian siswa yang stand by di kelas, dosen masuk. Terlihat wajah-wajah yang tegang hahaha termasuk aku. Tapi, Pak Wahyu Pujiyono memulai perkuliahan yang cukup membuat rileks. Sedikit review, algoritma merupakan prosedur untuk memecahkan suatu masalah. Misalnya, ketikan seseorang perlu sarapan di pagi hari, maka apa yang perlu dilakukan? ya jelas makan lah😀. Tapi bagaimana cara mendapatkan makanan itu tentu ada proses didalamnya,
contoh : keluar kos menuju warung makan-memilih makanan-membayar-kembali ke kos-sarapan.
Nah, rangkaian ini lah yang disebut algoritma. Selama perkuliahan di selingi guyonan yang sedikit menghapus anggapan para kakak tingkat hehehe. Memang, harus aku akui beliau sangat menjunjung tinggi kedisiplinan dan itu memang perlu. Beliau juga menceritakan tentang beberapa orang yang dikenalnya yang telah sukses dengan latar belakang cerita kehidupan yang beragam, mulai dari yang putus kuliah, sampai yang memang lulus cumlaud di UGM. Untuk apa? tentu untuk memotivasi para mahasiswanya selama kuliah dan tentunya menghadapi alpro yang sepertinya lebih ‘berat’ dari mata kuliah lain (emang berapa kilogram coba? hehe)
Untuk memudahkan pemahaman alpro maka akan menggunakan aplikasi yang disebut dengan Raptor. Penggunaan raptor sudah dijelaskan oleh para asisten praktikum setelah perkuliahan selasai. Walaupun masih sedikit bingung. Why? para asisten belum mengecek apakah semua praktikannya telah menginstal raptor di komputer masing2. Alhasil banyak yang ketinggalan, iya kalau semua mahasiswa cepat mengejar ketinggalannya, kalau seandainya ada yang lemot atau something wrong misal ada masalah di komputer laboratoriumnya?. Tapi ini just kritik selama masa praktikum dan mentoring ya mas mbak yang ganteng dan cantik huehehe .
 pertemuan pertama kan masih perkenalan jadi ya ini bahasnya seperti curhat🙂 . Dan quote hari ini aku copas dari pak dosen di salah satu komentarnya di grub :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: