Apa itu Kernel?

Pada postingan kali ini saya akan membahas sedikit tentang Apa itu kernel, karena banyak yang bertanya pada saya apa itu kernaek dan apa fungsinya..

kernel adalah suatu suatu perankat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuahOS(oerating sistem). Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer  secara aman.

Karena akses terhadap perangkat keras terbatas, sedangkan ada lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut.

Tetapi untuk menjalankan sebuah komputer kita tidak harus menggunakan kernel sistem operasi. Sebuah program dapat saja langsung diload dan dijalankan di atas mesin ‘telanjang’ komputer, yaitu bilamana pembuat program ingin melakukan pekerjaannya tanpa bantuan abstraksi perangkat keras atau bantuan sistem operasi. Teknik ini digunakan oleh komputer generasi awal, sehingga bila kita ingin berpindah dari satu program ke program lain, kita harus mereset dan meload kembali program-program tersebut.

Berikut bagian-bagian kernel secara disain:

  • Kernel monolitik. Kernel monolitik mengintegrasikan banyak fungsi di dalam kernel dan menyediakan lapisan abstarksi perangkat keras secara penuh terhadap perangkat keras yang berada di bawah sistem operasi.

Beberapa sistem operasi yang menggunakan Kernel monolitik :

1. Kernel sistem operasi UNIX tradisional,

2. Kernel sistem operasi GNU/Linux, Linux

3. Kernel sistem operasi Windows

  • Mikrokernel. Mikrokernel menyediakan sedikit saja dari abstarksi perangkat keras dan menggunakan aplikasi yang berjalan di atasnya—yang disebut dengan server—untuk melakukan beberapa fungsionalitas lainnya.

Sistem operasi yang menggunakan Mikrokernel :

1. IBM AIX, sebuah versi UNIX dari IBM

2. Amoeba, sebuah kernel yang dikembangkan untuk tujuan edukasi

3. Symbian OS, sebuah sistem operasi yang populer digunakan pada hand phone,

  • Kernel hibrida. Kernel hibrida adalah pendekatan desain microkernel yang dimodifikasi. Pada hybrid kernel, terdapat beberapa tambahan kode di dalam ruangan kernel untuk meningkatkan performanya.

sistem operasi yang menggunakan Kernel hibrida :

1. BeOS, sebuah sistem operasi yang memiliki kinerja tinggi untuk aplikasi multimedia.

2. Microsoft Windows NT

  • Exokernel. Exokernel menyediakan hardware abstraction secara minimal, sehingga program dapat mengakses hardware secara langsung. Dalam pendekatan desain exokernel, library yang dimiliki oleh sistem operasi dapat melakukan abstraksi yang mirip dengan abstraksi yang dilakukan dalam desain monolithic kernel.

Sekian yang dapat saya shre, semoga bermanfaat.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kernel_%28ilmu_komputer%29

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: